27 KK Warga Desa Muara Empayang Terima BLT

27 KK Warga Desa Muara Empayang Terima BLT

27 KK Warga Desa Muara Empayang                        Terima BLT-DD

IMG-20200521-WA0037

LAHAT, Ampera Sumsel — Sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Muara Empayang Kecamatan Kikim Timur menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Kamis (21/05). Besaran bantuan yang diterima Rp 600, 000 (Enam Ratus Ribu Rupiah) per KK untuk periode bantuan tahap pertama ini.

Bantuan BLT tersebut langsung diserahkan secara simbolis oleh Camat Kikim Timur Febroni SE,MM Melalui Kasi Kobang didampingi oleh TNI,Polri dan Pjs Kepala Desa (Kades) Muara Empayang dan langsung disaksikan oleh perangkat Desa, BPD Desa, pendamping Desa, tim relawan Covid- 19 dan Warga setempat.

IMG-20200519-WA0090

Pjs Kepala Desa, Ruslan Efendi S.pd
mengatakan warga yang mendapat BLT adalah mereka yang terdampak Covid-19 yang tersebar di Desa Muara Empayang. Data tersebut dari masing- masing setelah diverifikasi beberapa kali, maka jumlah yang menerima BLT sebanyak 27 KK selama tiga bulan.

“Pembayaran BLT kepada warga baru dibayarkan untuk periode satu bulan (April) karena dana desa tahap dua belum cair, sisanya untuk bulan Mei dan Juni menunggu pencairan lagi, ” jelasnya.

IMG-20200520-WA0033

Sambungnya ia menuturkan bahwa, penyerahan bantuan BLT ini akan di berikan secara simbolis saja. Nanti untuk pembagian sekala besar akan di bagikan secara Door to door sebesar Rp. 600,000/KK selama 3 bulan kedepan.

“Bagi warga penerima harap di manfaatkan sebaik baiknya BLT ini, dan ingat saat ini sedang pandemi Covid-19, selalu jaga kebersihan, cuci tangan, pakai masker,” Harap Apriadi.

Camat Kikim Timur, Febroni SE, MM Dalam sambutanya mengatakan, ada beberapa hal yang harus di mengerti, bahwa bantuan ini adalah bantuan bagi warga yang terdampak Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa.

“BLT ini ada aturan dan petunjuknya, warga yang berhak menerima adalah kriterianya, seperti, mengidap penyakit tahunan, memiliki banyak tanggunan di keluarga, dan yang hilang pekerjaan karena dampak Covid-19,” Katanya.

Masih kata Camat, ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19, diantaranya ada bantuan BLT-DD, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Masyarakat sebagai penerima bantuan harus tahu bahwa hanya bisa menerima satu jenis batuan, tidak bisa double, ini disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan pemerintahan desa,” jelasnya.

Laporan : Prima

Editor : Ujang

amperasumsel.com