Data Kemiskinan Baru Segera Akan Lahir

Data Kemiskinan Baru Segera Akan Lahir

LAHAT, Ampera Sumsel ,- Peran Camat, Kades dan Lurah pada Verifikasi Dan validasi (Verivali) data kemiskinan di Kabupaten Lahat sangat dibutuhkan untuk menyukseskan verivali data kemiskina di Kabupaten Lahat. Komitmen semua yang terlibat dalam pendataan dapat berjalan sesuai harapan untuk lajirnya data kemiskinan yang akurat. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Drs. H.Iskandar pada pertemuan verivali data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) bagi Camat, Lurah, Kades BPD se-Kabupaten Lahat Rabu (18/3) di Gedung Serbaguna Dinas Pariwisata.

“Keikhlasan dan dukungan sangat dibutuhkan pada verivali data kemiskinan tahun ini. Diupayakan data masyarakat yang masuk katagori miskin sesuai dengan fakta di masyarakat Tampa ada rekayasa agar terwujudnya program bantuan kesejahteraan masyarakat”,Tegasnya.

Kepala Dinas Bappeda melalui Kabid PNN mengatakan Kabupaten Lahat termasuk salah satu Kabupaten kota dari tahun 2015 belum belum perna melakukan verivali data angka kemiskinan dari 32 Kabupaten Kota Se-Indonesia.

“Na ini. Jika tidak dilaksanakan verivali data kemiskinan, di tahun ini, Program Bantuan dari pemerintah pusat terancam tidak dapatdi salurkan oleh pemerintah pusat”,Jelas Dedi.

Selain fokus pada verivali data kemiskinan dirinya juga brharapa kepada pemerintah desa dapat menganggarkan program pemberdayaan melalui dana anggaran dana desa (ADD) pada pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lahat.

“Ini salah satu langkah yang bisa di ambil oleh desa dalam mendukung pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lahat melalui ADD”,Tegasnya.

menghimbaupun ikut disampaikan oleh Zainudin Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lahat kepada semua Kades se Kabupaten Lahat untuk dapat lebih teliti dalam menjalankan verivali masyarakat yang dirasa pada wilayahnya masing-masing untuk mempermuda proses pengecekan di server.

“Jangan sampai salah tulis biodata d masyarakat yang di verivali d khususnya nama dan alamat disesuaikan dengan akte kelahiran, ijazah dan KK/KTP”,Himbaunya

Laporan : Prima

Editor : Kak Ujang

amperasumsel.com