Pisah Sambut PJS Kades Ulak Pandan Berjalan Haru

Pisah Sambut PJS Kades Ulak Pandan Berjalan Haru

LAHAT, Ampera Sumsel – Sehubungan dengan berakhirnya jabatan Kepala Desa Ulak Pandan pada tanggal 6 Maret 2020, maka hari ini Senin (09-03-2020) dilantiknya PJS Kepala Desa pada Ulak Pandan bertempat di Kantor Camat Merapi Barat Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan. Usai pelantikan Penjabat sementara, masyarakat Ulak Pandan langsung menggelar kegiatan pisah sambut untuk untuk melepas Kades sebelumnya dan menyambut Kades pjs.

Kegiatan pisah sambut ini dilaksanakan di masjid Nurul Huda Desa Ulak Pandan yang dihadiri ribuan masyarakat. Dalam pisah sambut ini juga digelar pembagian sembako ke masyarakat ulak pandan untuk Lansia, janda, serta masyarakat tidak mampu dan anak yatim piatu.

Ahmad Tarmizi Selaku Ketua BPD dalam sambutannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah hasil musyawarah desa pada beberapa hari yang lalu dimana masyarakat berharap diadakannya kegiatan pisah sambut, karena ini merupakan wujud rasa terima kasih masyarakat Ulak Pandan ke Susiawan Rama selaku Kades sebelumnya. Karena Susiawan telah banyak berbuat dan berupaya membangun Desa Ulak Pandan untuk menjadi lebih baik, dan juga memberikan ruang untuk bersilaturahmi kepada PJS yang dilantik untuk bersosialisasi ke pada masyarakat.

“Karena sebelumnya kami belum mengetahui siapa PJS Desa Ulak Pandan, tetapi dengan Kegiatan ini kami masyarakat Desa Ulak Pandan sudah mengetahui dan tetap berpegang teguh dengan petata petiti baghi “Sehepat Segendi Pati Tungguan nunggu Tubang” dan “Siape Hati Karut Dikkah Nyelamat” jadi siapapun PJSnya kami tetap mendukung selama itu untuk kemajuan Desa Ulak Pandan,”tegasnya.

Sementara itu Camat Merapi Barat Eti Listina, SP. MM menyampaikan bahwa Ulak Pandan ini adalah Desa Percontohan. Karena dikenal dengan Kearifan Lokalnya, kekompakannya serta sering sekali beberapa prestasi di raih. Maka dalam kesempatan ini ia sampaikan juga, bahwa dengan berakhirnya masa jabatan kepala desa sebelumnya, dan sudah dilantik pejabat kepala desa pada pagi tadi, untuk itu dipandang perlu Pejabat Kepala Desa agar meneruskan apa yang menjadi perjuangan masyarakat ulak pandan.

“Mari kita teruskan apa yang telah dicapai oleh kepala desa sebelumnya dengan PJs kades ini, untuk saling bahu membahu dalam membangun desa,” ajaknya.

Sementara Bahrin selaku perwakilan tokoh masyarakat dalam sambutannya menyampaikan kesan pesan, bahwa Desa Ulak Pandan saat pertama dijabat Susiawan Rama pada tahun 2014 adalah desa tertinggal, dan alhamdulillah pada tahun 2017 menjadi desa berkembang dan tahun 2019 menjadi desa yang maju. Atas capaian itu ada 54 Tropi dan penghargaan yang dicapai baik tingkat Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional selama beliau menjabat kepala desa. untuk itu ia selaku masyarakat mengucapkan banyak terima kasih atas upaya dan usaha susiawan Rama selama menjadi kepala desa Ulak Pandan. Oleh karena itu ia mengharapkan juga kepada PJS yang baru diLantik agar kiranya bisa menjaga, meneruskan serta berperan aktif dalam kemasyarakatan dan pembangunan.

“Bila perlu bisa menambah penghargaan yang bisa membanggakan nama Desa Ulak Pandan, agar desa Ulak Pandan tetap maju dan rakyat sejahtera,”Ujar tokoh masyarakat yang juga perna jadi kepala desa ulak pandan ini.

Pirsol Hindi selaku pejabat kepala desa yang baru dilantik, menyampaikan siap dan berkomitmen dalam menjalankan roda pemerintahan desa sesuai aturan. Maka dari itu ia berharap dukungan penuh dari masyarakat, karena dirinya berkomitmen dalam hal pembangunan desa ulak pandan.

“Untuk itu saya berharap seluruh masyarakat terutama tokoh-tokoh masyarakat Ulak Pandan agar bisa bekerjasama dan membantu saya dalam menjalankan tugas ini dengan baik”, ujarnya

Sementara Susiawan Rama selaku Kepala Desa yang berhasil membawa Desa Ulak Pandan menjadi lebih baik selama menjabat periode 2014-2020. Dikatakan Susiawan, bahwa setiap masa jabatan ada waktunya sehingga tibalah waktu berakhirnya jabatannya selaku kepala desa. Dengan berakhirnya jabatannya sebagai kepala desa, ia tetap komitmen dan mengajak masyarakat agar tetap saling bahu-membahu dalam proses pembangunan desa. Pesannya kepada Penjabat sementara (PJS) kepala Desa Ulak Pandan agar kiranya terus mengedepankan musyawarah bersama Perangkat Desa, BPD, LPM, Lembaga Adat dan Karang Taruna, dan jangan sampai salah tempat untuk bermusyawarah.

“Secara pribadi saya dan Keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama membangun desa ini, dan tak lupa saya ucapkan permohonan maaf dalam kepemimpinan saya sebelumnya masih banyak kekurangan ataupun kesalahan”, ujar Kades Inovatif Sesumatera Selatan ini.

Dalam akhir acara dilanjutkan dengan foto bersama semua instansi Pemerintah Desa sekaligus penyerahan Cinderamata dari Forum Kepala Desa Se Merapi Barat, beserta Camat Merapi Barat dan diakhiri salam-salaman seluruh masyarakat Desa Ulak Pandan ke Susiawan Rama dan keluarga yang diiringi dengan isak tangis dan rasa haru layaknya kehilangan orang yang dicintai.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat beserta jajaran Kecamatan Merapi Barat, Danramil Merapi, Perwakilan Kapolsek, Rombongan Forum Kepala Desa Se-Merapi Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Seluruh Instansi Pemerintahan Desa Ulak Pandan dan Masyarakat Ulak Pandan.

Laporan : Prima

Editor : Kak Ujang

amperasumsel.com