Datangi Kecamatan, Cegah Keterlambatan Bayar PBB

Datangi Kecamatan, Cegah Keterlambatan Bayar PBB

// Serahkan SPPT PBB dan DHP di 24 Kecamatan di Lahat

LAHAT, Ampera Sumsel – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lahat, melakukan sosialisasi ke kecamatan- kecamatan di Kabupaten Lahat. Guna mencegah keterlambatan pembayaran PBB dari masyarakat.

Selain itu, mengajak masyarakat untuk melalukan pendataan ulang. Kepala Desa yang lebih mengetahui kondisi dan situasi wilayahnya diharapkan dapat memberikab data yang valid. “Jadi bisa diketahui apakah wajib pajak tersebut berada ditempat, objek pajaknya berubah, maupun,  pemiliknya telah berganti, atau telah dihapus” ujar Kepala Bapenda Lahat Subranuddin SE melalui Kepala Bidang PBB P2 dan BPHTB Parizal. SAP. MSI, usai giat sosialisasi di Kantor Camat Pulau Pinang, dihadiri para kades, Kamis (20/2).

Kemudian sosialisasi pembayaran PBB dan penyerahan SPPT PBB dan DHKP yang dilakukan sejak awal tahun.

Lanjutnya, terkait sosialisasi bahwa untuk objek pajak yang diatas 1 juta dilakukan penagihan langsung oleh Bapenda. Lalu untuk pembayaran PBB, saat ini bekerja sama dengan Bank BRI.

Lanjutnya bahwa untuk capaian tahun 2019 lalu, untuk PBB meningkat dibanding tahun 2018 lalu, yakni 87 persen lebih. Namun memang ada yang belum terhapuskan dan terhutang.

Kemudian Camat Pulau Pinang Darmi Falentina BA mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat baik karena dilaksanakan sejak awal tahun. Sehingga pihak desa diharapkan tidak telat membayar serta dapat melaporkan permasalahannya terkait PBB sejak dini. Kemudian mengetahui bahwa saat ini pembayaran PBB melalui bank BRI.

Lalu Kepala Desa Perigi, Indra menambahkan bahwa permasahan di lapangan terkait PBB diantaranya ialah terkadang objek pajak tidak berada di tempat. “Kalau pembayaran PBB, Alhamdulillah aktif,” ungkap Indra.

Laporan : Prima

Editor : Kak Ujang

amperasumsel.com