Perangkat Desa Harus Ngantor Setiap Hari Kerja

Perangkat Desa Harus Ngantor Setiap Hari Kerja

LAHAT, Ampera Sumsel – Untuk meningkatkan kualitas dan tata pemerintahan di desa, sesuai dengan amanah peraturan menteri dalam negeri tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan melaksanakan lomba desa di 24 Kecamatan di Kabupaten Lahat. Lomba desa ini menjadi agenda pemerintah daerah Kabupaten Lahat setiap satu tahun sekali. Seperti hari ini Rabu (19-02-2020) Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) melakukan penilaian di Desa Karang Lebak. Kedatangan tim penilai lomba desa ini disambut hangat oleh pemerintah kecamatan dan pemeintahan Desa Karang Lebak, yang bertempat di kantor desa.

Kepala Desa Karang Lebak dalam sambutannya, Herdiansyah mengucapkan selamat datang pada tim penilai lomba desa di Desa Karang Lebak. Sebelum tim melakukan penilaian, ia selaku kepala desa memohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penilaian nantinya. Maka dari itu ia berharap pada tim penilai lomba desa agar kiranya memberikan petunjuk dan bimbingan agar desa nya mendapatkan nilai terbaik di lomba desa ini.

“Kami sangat berharap pada tim penilai, misal ada kesalahan dan kekurangan agar kami diberikan bimbingan dalam menata dan membangun desa ini dengan baik,” ungkapkanya.

Camat Mulak Ulu Sumarno SE, M.SI, melalui Kasi Pemerintahan Mirsal mengucapkan terimakasih kepada tim penilai lomba desa yang telah tiba di Desa Karang Lebak untuk memberikan penilaian di lomba desa ini. Mirsal berharap, lomba desa tingkat kecamatan dan kabupaten ini, Desa Karang Lebak mendapatkan juara.

“Besar harapan kami semoga desa karang lebak mewakili kecamatan mulak ulu mendapatkan juara di lomba desa tahun ini,”harapnya.

Agus Santoso SH, MM, ketua tim penilai lomba desa mengucapkan terimakasih pada unsur Tripika dan pemerintahan desa yang telah menyambut dengan baik kedatangan tim penilai. Sebelumnya Agus mengucapkan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Lahat Cik Ujang SH, seyogyanya yang memberikan penilaian lomba desa ini adalah Bupati. Namun karena Bupati Lahat Cik Ujang ada kegiatan lain maka tugas ini diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes). Dikatakan Agus, yang akan dinilai dalam lomba desa ini yaitu tentang Evaluasi di bidang pemerintahan, kinerja pemerintahan, desa kreatif, kesehatan, pemberdayaan masyarakat serta administrasi desa.

“Misal adanya tanaman obat (toga) rumah sehat dan lingkungan desa serta administrasi desa. Inilah yang akan menentukan apakah desa layak mendapatkan nilai terbaik atau belum nantinya,” terangnya.

Dikesempatan ini Agus berpesan pada kepala desa dan perangkat desa agar aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui kantor desa.
Perangkat desa harus ngantor setiap hari kerja mulai dari hari Senin sampai Jumat. Dan apabila ada pemerintahan desa yang tidak ngantor maka akan ada sanksi yang dipertanggungjawabkan.

“Karena rutinitas perangkat desa di kantor akan masuk di penilaian, apabila ada perangkat desa yang tidak rutin masuk kantor maka kepala desa wajib memberikan sanksi tegas, kapan perlu potong gaji,”tegasnya.

Kemudian Tim penilai lomba desa langsung mengecek administrasi Desa Karang Lebak di ruangan kantor desa, usai melakukan penilaian di Desa Karang Lebak, tim melanjutkan penilaian desa di kecamatan kota agung.
Penilaian lomba desa ini dihadiri Koramil 405/09 Kota Agung, Polsek Mulak Ulu, Kepala Desa, Sekcam dan staf kantor camat.

Laporan : Prima

Editor : Kak Ujang

amperasumsel.com