Hut Lahat 2020, Pejabat Akan Gunakan Batik Karya Sendiri

Hut Lahat 2020, Pejabat Akan Gunakan Batik Karya Sendiri

LAHAT, Ampera Sumsel  – 400 orang perwakilan dari desa dan kelurahan ndi Kabupaten Lahat ikut ambil bagian dari pelatihan membatik yang dipusatkan di Gerung Kesenian Lahat. Rabu (19/2/2020). Hasilnya, selain memiliki ciri khas batik sendiri, Kepala Daerah hingga Kepala Desa ( Kades ) akan gunakan batik buatan dari masyarakat tersebut saat perayaan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kabupaten Lahat nanti.

Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM MBA mengungkapkan, Selain menciptakan ciri khas sendiri, batik dari Lahat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan di masyarakat. Bahkan, pemda akan mendukung penuh keterampilan membatik yang ada di Kabupaten Lahat.

“Membatik akan melekat dan menciptakan batik khas lahat, tidak usah lagi beli jauh di yogyakarta cukup di Lahat saja, ciri khasnya juga di tonjolkan, Pemda siap beli produk dari kreasi dan inovasi masyarakat,” ujarnya, Rabu (19/2/2020) saat memberikan sambutan pada acara pelatihan membatik tahun 2020.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Lahat, Lidyawati Cik Ujang S.Hut menyampaikan, tujuan dari mengasah keterampilan membatik guna mendapatkan ciri khas baik dari kelurahan atau desa, sehingga diharapkan mampu bersaing dipasaran. Menurutnya, batik yang dibuat dengan menonjolkan kearifan lokal ini, tidak kalah dengan yang ada diluar sehingga dapat menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Seganti Setungguan.

“Nanti Design batik menang atau terpilih, yang pertama akan dikenakan oleh kepala daerah dan Forkompimda, juara kedua oleh Kepala OPD dan peringkat ketiga dipakai camat serta kepala desa (Kades), ketika HUT Kabupaten Lahat,” sampai Lidyawati.

Laporan : Prima

Editor : Kak Ujang

amperasumsel.com