Wako Alpian : Kode Etik Jurnalistik Adalah Pegangan Dan Pedoman Setiap Insan Pers

Wako Alpian : Kode Etik Jurnalistik Adalah Pegangan Dan Pedoman Setiap Insan Pers

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Kode etik jurnalistik adalah pegangan dan pedoman dalam menjalankan tugas bagi setiap insan pers, Hal ini dikatakan Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni SH saat Upacara gabungan dalam rangka memperingati hari pers nasional (HPN) di lingkungan Pemerintah Kota(Pemkot) yang di selenggarakan di Halaman Kantor Wali Kota, Kota Pagar Alam, Senin(17/02/2020).

Turut Hadir Sekda Pagar Alam Drs Samsul Bahrli Burlian, Ketua DPRD Pagar Alam Jenni Shandiyah, Pabung 0405 Wilayah Pagar Alam Darul Qutni, Ketua PWI Pagar Alam Asnadi M Aridi, didampingi Sekertaris PWI Pagar Alam Agung Prambudi dan seluruh Insan Pers yang ada di Pagar Alam.

Wali Kota Pagar Alam Alpian Maskoni SH mengatakan, HPN ini menjadi ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers dan bangsa Indonesia serta kegiatan ini juga merupakan agenda terbesar tahunan yang paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia.

“Maka pada era komunikasi dan informasi seperti sekarang ini, media memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan juga berperan menginformasikan, mengabarkan program program pemerintah termasuk tentang perencanaan pembangunan, serta mempromosikan potensi potensi wilayah khususnya di Kota Pagar Alam sehingga dapat diciptakan suasana yang kondusif,” Kata Alpian.

Sambung Alpian, Pers merupakan salah satu pilar demokrasi yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat.

“Oleh Karena itu pemberitaan diharapkan dapat lebih objektif, paktual agar tidak memberitakan hoax (Kabar Bohong) dan juga menjadi penyambung lidah, informasi pembangunan Pemerintah kepada masyarakat,” Katanya.

Dikatakan Alpian, Sangat mengharapkan kehadiran pers yang sangup melawan kekacauan informasi, yang sering dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja.

“kita juga punya tugas memerangi hoax dan ujaran kebencian, semburan fitnah, pers mampu mewartakan berita yang baik, mendorong produktivitas dan optimistisme ditingkat masyarakat, hal itu harus didukung dengan jurnalis yang baik juga, saya yakin dan percaya insan pers telah menjunjung tinggi serta profesional karena ini adalah syarat mutlak atau dasar melaksanakan tugas jurnalistik, kode etik jurnalistik adalah pegangan dan pedoman dalam menjalankan tugas bagi setiap insan pers,” Jelasnya.

Untuk itu Alpian menghimbau, kepada seluruh satuan perangkat kerja di Pemkot Pagar Alam agar dapat bersinergi dengan insan pers yang ada di Pagar Alam dalam mensosialisasikan seluruh program program pemerintah guna percepatan pembangunan di Kota Pagar Alam.

“Agar pembangunan di Pagar Alam dapat berjalan dengan baik, lancar dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pagar Alam nantinya,” Pungkas Alpian.

Laporan : Ilham

Editor : Prima

amperasumsel.com