BPS Lahat Sosialisasikan Cara Sensus Penduduk Tahun 2020 di Mulak Ulu

BPS Lahat Sosialisasikan Cara Sensus Penduduk Tahun 2020 di Mulak Ulu

LAHAT, Ampera Sumsel – Memasuki awal tahun 2020, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lahat, Propinsi Sumatera Selatan, hari ini Senin (17-02-2020) mensosialisasikan program pemerintah dalam mendapatkan informasi data penduduk melalui online dan pencacahan di aula kantor camat Mulak Ulu Desa Muara Tiga. Sensus penduduk Indonesia yang ke 7 digelar pada tahun 2020 ini, dengan menggunakan sistem online, oleh sebab itu sensus penduduk 2020 dibutuhkan data-data yang akurat untuk menentukan dan mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat.

Kepala BPS Lahat Ir.Hj. Chairanita Kurniarita, M.Si, yang sambutannya mengatakan, pentingnya data penduduk tercatat atau masuk dalam data sensus penduduk. Maka dengan ini ia mengajak seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan program pemerintah dalam mendapatkan informasi data sensus penduduk tahun 2020 dengan baik dan akurat. Sensus penduduk ada dua tahapan yaitu sensus penduduk online yang telah dimulai pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020, untuk sensus melalui wawancara atau pencacahan akan dimulai pada tanggal 1-31 Juli 2020.

“Oleh sebab itu kami minta pada seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan sensus penduduk online ini pada masyarakat dan segera memberikan dan mendaftarkan datanya melalui sensus.bps.go.id “terangnya.

Masih kata Chairanita, adapun tujuan diadakannya sensus penduduk ini adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Dan adapun manfaat di datanya sensus penduduk yaitu, data sensus penduduk 2020 sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan sampai wilayah terkecil, seperti program bantuan dari pemerintah.

“Maka kami minta pada masyarakat untuk mengisikan datanya melalui sensus penduduk, karena data ini adalah data dasar masyarakat yang wajib diketahui oleh pemerintah, dan data penduduk inilah nantinya akan dijadikan data lengkap oleh pemerintah,” tambahnya.

Sosialisasi sensus penduduk ini disambut baik Camat Mulak Ulu Sumarno SE M.Si. Dikatakan camat, pentingnya sensus penduduk ini untuk didaftarkan agar data penduduk Indonesia dapat diketahui oleh pemerintah. Data penduduk yang diambil dalam sensus penduduk akan menjadikan data akurat sebagai penduduk Indonesia.

“Mari kita bersama-sama untuk mensosialisasikan program pemerintah ini pada masyarakat, agar data penduduk kita tercatat dan terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Dengan mengucapkan bismillah, sosialisasi sensus penduduk ini saya buka,” ungkapkanya.

Koordinator sensus penduduk wilayah Mulak Ulu Wita Setiawan, dalam sosialisasinya menjelaskan, bahwa sensus penduduk ini bukan untuk menaikkan pajak seperti yang ditakutkan kebanyakan masyarakat. Sensus penduduk yaitu untuk mendata berapa jumlah jiwa penduduk Indonesia selama dilakukan pendataan sensus penduduk tahun 2020.

“Maka kami minta jelaskan pada masyarakat manfaat dan tujuan diadakannya sensus penduduk ini, agar masyarakat mengerti dan memahami arti sensus penduduk,” tukasnya.

Acara sosialisasi sensus penduduk dihadiri langsung oleh seluruh kepala desa Se-kecamatan Mulak Ulu. Dan acara ini langsung dipraktekkan oleh kepala desa yang hadir sebagai bahan sosialisasi sensus penduduk pada masyarakat.

Laporan : Prima

Editor : Kak Ujang

amperasumsel.com