Bupati Lahat Bagikan Hantraktor Kepada Petani

Bupati Lahat Bagikan Hantraktor Kepada Petani

LAHAT, Ampera Sumsel — Pemerintah Kabupaten Lahat kembali menyalurkan bantuan hantraktor, pompa air dan mesin tanam padi kepada kelompok tani di Kabupaten Lahat serta pemberian sertifikat penyuluh pertanian terbaik, Jum’at (24/01/2010) bertempat di dinas pertanian kabupaten lahat.

Adapun jumlah hantraktor yang diberikan ialah 10 unit, mesin pompa air 3 inchi sebanyak 55 unit, mesin tanam padi sebanyak 20 unit yang diberikan secara langsung oleh Bupati Lahat didampingi oleh ketua DPRD Kabupaten Lahat, Dandim 0405 dan Kapolres Lahat.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang,SH mengatakan bahwa saat ini baik pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi sangat mendukung dunia pertanian dalam meningkatkan hasil pertanian yang baik.

Dilanjutkannya, pemerintah juga membantu serta menambah dan memodernisasi alat pertanian seperti saat ini yang akan dibantukan kepada beberapa kelompok tani yang ada di Kabupaten Lahat.

Dijelaskan nya juga bahwa pemerintah juga akan meningkat kan anggaran pertanian melalui kementrian, pemerintah maupun dinas pertanian, ini semua dilakukan untuk kesejahteraan para petani yang ada.

“Kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan hari ini, agar menggunakan bantuan ini sebaik-baiknya. Jika ada famili, teman maupun tetangga yang mau minjam maka maka pinjamkanlah, ini semua untuk kita dalam menghasilkan hasil pertanian yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Kedepnnya, Cik Ujang akan menganggarkan bantuan pupuk organik untuk seluruh kelompok tani berkisar 2,5 miliyar, jika ada yang jual maka laporkan, karena ini adalah program Bupati dalam menyejahterakan petani. “2,5 M akan kita Anggarkan untuk pupuk organik, pesan saya jangan dijual ke masyarakat, ini dari kita dan untuk kita menuju Lahat Bercahaya,” tutupnya.

Paslan salah satu penerima bantuan hantraktor dari kelompok tani desa Prabu Menang Kecamatan Merapi Timur mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Lahat.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah dalam hal ini Bupati lahat, kami sangat terbantu sekali. Kedepannya program ini terus dilanjutkan dan kelompok tani yang lainnya juga dapat sehingga produktivitas petani yang ada di Kabupaten Lahat bisa meningkat,” ucapnya.

Adapun kelompok tani penerima hantraktor ialah Koptan Desa Prabu Menang, Koptan Desa Pagar Jati, Koptan Desa Keban Agung, Koptan Desa Karang Cahaya, Koptan Desa Pandan Arang, Koptan Desa Sengkuang, Koptan Desa Air Dingin Lama, Koptan Desa Bandar Aji, Koptan Desa Tanjung Aur dan Koptan Desa Gemidar Ulu.

Selain Hantraktor, Kelompok Tani penerima Mesin Pompa Air sebanyak 55 unit diwakili oleh Koptan Desa Muara Gelumpai, Koptan Desa Negeri Agung dan Koptan Desa Lebak Budi. Untuk penerima cultivator sebanyak 20 unit diwakili oleh Koptan Desa Nanti Giri Kecamatan Jarai.

Laporan : Prima
Editor : Ujang Sp

amperasumsel.com