Guna Menghindari Terjadinya Penyalahgunaan DD, Tim Kecamatan Merapi Barat Lakukan Moniv

Guna Menghindari Terjadinya Penyalahgunaan DD, Tim Kecamatan Merapi Barat Lakukan Moniv

LAHAT, Ampera Sumsel — Guna menghindari terjadinya penyimpangan dalam penggunaan Dana Desa Pemerintah Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, serta pendamping desa melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan pembangunan desa di Desa Muara Temiang Rabu, (22/01/2020).

Camat Merapi Barat melalui Sekretaris Camat Dahri Fagustian mengatakan, kegiatan rutin Monev dimaksudkan untuk mengecek pembangunan fisik yang sudah dilaksanakan pemerintah desa Muara Temiang.

“Kegiatan Monev juga diikuti Kepala Desa Sefta Harianto, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), kepala dusun, anggota BPD, Pengelola BUMDes, Pendamping Desa, perangkat desa dan masyarakat”,terangnya.

Dikatakannya, monitoring dan evaluasi ini salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Pada kegiatan monitoring tersebut pemerintah berpesan agar Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat bisa berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu kami terus melakukan evaluasi ke lapangan di seluruh Kecamatan Merapi Barat, Kami melihat dan mengawasi penggunaan Dana Desa memang amanah langsung dari Bupati dan Wabup, untuk langsung mengawasi penggunaan Dana Desa di kecamatan wilayah kerja agar tidak terjadi penyimpangan”,ujarnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Merapi Barat Fivin Meilianti melalui Eka Kurnia Dewi disampaikan oleh Hidayat Amin mengatakan, Desa Muara Temiang untuk tahun 2019 kegiatan DD berada di areal pertanian dan perkebunan, dan monitoring tahap 3 telah mencapai dengan progres 100 persen walaupun sempat terkndala oleh bencana alam banjir pembangunan tetap berjalan baik dan lancar sampai selesai.
“Kami berharap dengan adanya pembangunan ini dapat mempermudah masyarakat dalam meningkatkan produktifitas ekonomi masyarakat dibidang pertanian dan perkebunan yang mana sesuai dengan motonya “Salam berdesa – desa membangun Indonesia”, ujarnya.
Dalam bersamaan, Kepala Desa Muara Temiang Sefta Harianto, S. Kom mengucapkan, terima kasih kepada pihak kecamatan yang sudah monitoring dan evaluasi Dana Desa tahap tiga di Desa Muara Temiang yang mana pembangunannya sudah selesai dikerjakan.

“Pihak Kecamatan Merapi Barat serta pendamping Desa yang didampingi oleh anggota Koramil 405-02/Merapi. Telah monitoring dan alhamdulilah dari hasil monitoring pekerjaan tidak ditemukan kejangalan dan kesalahan, menurut mereka semua pekerjaan sesuai dengan RAB”, tutupnya.

Laporan : Prima

Editor : Ron

amperasumsel.com