Sekda Tinjau Jembatan Ambles Penghubung Dusun Cawang Lama – Muara Siban

Sekda Tinjau Jembatan Ambles Penghubung Dusun Cawang Lama - Muara Siban

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Wali Kota Pagar alam Alpian Maskoni SH melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Pagar alam Drs H Samsul Bahri Burlian MSi bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pagar alam A.Parliansyah ST MM didampingi Kabid BM Ardiansyah ST, Kabid Alkal Darwinata ST tinjau langsung Jembatan yang amblas di Dusun Cawang Lama penghubung Kelurahan Muara Siban di Kecamatan Dempo Utara tepatnya di Rt 11 Dusun Muara Siban, Selasa (21/01/2020).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Parliansyah ST MM Kota Pagar alam mengatakan, Amblasnya pangkal Jembatan itu karena hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Pagar alam dan menyebabkan sungai Cawang Lama meluap hingga membuat abrasi Pondasi jambatan tersebut.
“Kami menerima dan mendapat laporan bahwa Jembatan penghubung Muara Siban dengan Cawang Lama abras, hari ini kita cek, ternyata yang amblas Kepala jembatannya sekira 2 meter dan mengalami amblas jambatan patah tersebut,” Kata Parlin.

Ditambah Parlin, Terjadinya abrasi ini merupakan faktor alam, untuk itu, Pemkot Pagar alam melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) segera Koordinasi dengan BPBD kalau bisa masuk dalam Anggaran Tanggap Darurat Bencana Alam.
“Namun kalau untuk pembangunan jembatan permanen kita usulkan pada Anggaran tahun 2021 nanti,”Katanya.

Parlin berharap, Untuk sementara ini agar Masyarakat untuk beraktifitas baik petani atau anak anak yang Bersekolah sudah bisa lewat jalan darurat.
“Sementara yang terbuat dari Pohon Kayu Kapuk (Randu) saat ini proses perbaikan dan pembuatan jalan untuk sementara,” Harapnya.

Dikatakan Parlin, Ini merupakan jalan utama masyarakat Cawang Lama, Cawang Baru yang menghubungkan Kelurahan Muara Siban.
“Bisa dikatakan sudah menjadi urat nadi mereka, otomatis perbaikannya kalau bisa secepat mungkin,”jelasnya.

Sementara itu menurut Sekda Kota Pagar alam Drs H. Samsul Bahri Burlian MSi menuturkan, Pemerintah secepatnya akan segera melakukan perbaikan.
“kami cek jalan yang amblas ini, setelah itu langsung kami koordinasikan dengan pihak PU dan BPBDbPagar alam agar segera diperbaiki. Hari ini, pembuatan Jalan dan jambatan tersebut telah dilaksanakan dan menggunakan Alat berat Milik Pemkot Pagar alam Di Bidang Alkal,” Pungkasnya.

Laporan : Ilham

Editor : Prima

amperasumsel.com