Polres dan Pemkab Empat Lawang Tanam Ratusan Pohon

Polres dan Pemkab Empat Lawang Tanam Ratusan Pohon

EMPAT LAWANG, Ampera Sumsel –Wujud dari kepedulian dengan lingkungan, Kepolisian Republik Indonesia melalui Polres Empat Lawang bersama Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, menggalakkan kembali Program peduli lingkungan dengan penanaman ratusan pohon, yang dilakukan di Belakang Gedung Mapolres Empat Lawang (Selasa, 7/1).

Sebanyak 150 pohon ditanam dengan harapan seluruh instansi jajaran terkait dan masyarakat terutama, dapat mencontoh dan menggiatkan penanaman pohon di lingkungan masing-masing dan menghijaukan kembali lingkungan.

Kapolres Empat Lawang, AKBP. Eko Yudi Karyanto, SIK dibincangi wartawan menyampaikan, bahwa program Polri peduli lingkungan ini sudah lama ada dan sesuai dengan arahan dari Kapolri.

“Sebetulnya program ini sudah lama, namun di beberapa tahun ini dirasa cukup kurang. Maka dari itu, juga sesuai dengan arahan Kapolri untuk kembali menggiatkan penanaman pohon ini,” ungkap Eko.

Eko menambahkan, ekosistem hutan kini semakin memprihatinkan, terlebih lagi saat ini musim hujan, bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan lain – lain bisa saja terjadi. Hutan yang gundul akibat ulah tangan manusia, sebagai pemicu awal terjadinya bencana.

“Untuk itu, kita harus menjaga kelestarian alam, dengan cara penanaman pohon, saya berharap ini menjadi awal kita dan masyarakat untuk lebih peduli lingkungan. Jika tidak sekarang, kapan lagi,” terangnya.

Kegiatan penanaman pohon tersebut, dipimpinan langsung Bupati Empat. H. Joncik Muhammad, Kapolres Empat Lawang, AKBP Eko Yudi Karyanto, Ketua DPRD Empat Lawang, Persi, Kajari Empat Lawang, Ronaldwin dan jajaran Stekholder Kepolisian dan instansi Kepemerintahan.

Sementara Bupati Empat Lawang, H. joncik Muhammad mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan pihak kepolisian adalah sebagai bentuk rasa peduli terhadap lingkungan.

“Ini sudah bagus, contoh awal dari kepolisian yang menggalakan kembali penanaman pohon, saya himbau juga kepada jajaran pemerintahan, swasta dan masyarakat untuk melakukan penanaman pohon di daerah masing-masing. Karena sangat penting bagi kelangsungan ekosistem alam di masa depan, dan dapat terhindar dari bencana alam,” terangnya.

Selain itu, Joncik Muhammad juga menghimbau untuk masyarakat berhati-hati, hingga beberapa bulan ke depan akan bencana tanah longsor dan banjir.

“Bencana alam saat ini semakin banyak terjadi, tanah longsor, banjir sudah di mana- mana. Saya himbau betul, masyarakat untuk berhati-hati, dan semoga Empat Lawang terjauh dari bencana alam,” pungkasnya.

Laporan : Renaldy

Editor : Prima