Terkait Dugaan Manusia Diterkam Harimau, Ini Pesan Wabup Muaraenim

Terkait Dugaan Manusia Diterkam Harimau, Ini Pesan Wabup Muaraenim

MUARAENIM, Ampera Sumsel — Mendengar adanya manusia yang tewas diduga diterkam harimau di Semende, Plt. Bupati Muaraenim, H. Juarsah, SH memerintahkan instansi terkait untuk bertidak tegas terhadap harimau yang telah banyak menelan korban ini. Pesan ini disampaikannya saat meninjau tempat kejadian sekaligus mengunjungi keluarga Solistiowati (30) yang menjadi korban kegaanasan harimau di kampung 5 Talang Tinggi, Sidodi Desa Padang Bindu, Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (28/12/2019) kemarin.

Tampak hadir mendampingi Plt. Bupati Muara Enim, Sekda Muara Enim, Kapolres Muara Enim, Kasdim 0404 Muara Enim, dan instansi terkait lainnya.

“Langkah yang ditempuh oleh pihak Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengenai musibah penyerangan Harimau Sumatera yang telah menelan korban jiwa ini, saya telah mengirimkan surat kepada BKSDA Provinsi, untuk mengambil tindakan terkait permasalahan ini, sebelum ada lagi korban jiwa,” tegas Juarsah

Juarsah menambahkan, harimau sumatera tersebut sudah masuk ke perkampungan warga, maka senin nanti dirinya akan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Derah (Forkopimda), BKSDA serta Instansi terkait untuk mengambil berupa tindakan tegas terhadap terhadap harimau yang pada saat ini sedang berkeliaran di sekitar wilayah Kabupaten Muara Enim.

“Banyaknya sudah korban harimau ini, membuat seluruh masyarakat merasa tidak nyaman dan takut untuk beraktifitas ke kebun. Apalagi pada saat ini lagi musim buah durian,” ucap Juarsah

Melansir dari pemberitaan muaraenimnews.com, selain itu H. Juarsah juga menyampaikan himbauan, supaya pihak terkait untuk bertindak tegas atas permasalahan ini demi terciptanya rasa aman bagi masyarakat.

“Harapan saya kepada instansi terkait dan berwenang dalam hal ini, untuk bertindak cepat dan tegas, Bila perlu ambil tindakan Tembak Mati atau di bius harimau tersebut”, pesan dia.

Tujuannya, sambung H. Juarsah, supaya masyarakat melihat bahwa harimau tersebut telah diamankan, sehingga masyarakat dapat beraktivitas ke kebun dengan rasa aman dan nyaman.

“Terkait musibah ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapakan turut bela sungkawa, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, “ ungkap Juarsah.

Kepada lapisan masyarakat Muara Enim, Juarsah menyampaikan supaya jangan terlalu takut dalam hal ini, namun tetap harus waspada. Disarankan, jika masyarakat ingin beraktivitas ke kebun, mandi di sungai dan aktivitas di luar rumah, jangan terlalu pagi ataupun sore hari. Karena menurut DIA, diperkirakan di waktu-waktu seperti itulah harimau berkeliaran mencari makan.

“Jika ingin beraktivitas ke kebun, ke sungai, hendaklah beramai-ramai, jangan seorang diri, supaya paling tidak dapat saling menjaga saling satu dengan lainnya,” imbau Juarsah.

Sementara itu, Wendiadi salah satu masyarakat Semende yang saat itu berada di tempat, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH yang peduli terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah, terima kasih nian saya ucapkan untuk Pak Plt. Bupati kami nian, jujur kami masyarakat lega mendengar langkah tegas pak Plt. Bupati ini,” ujarnya.

Laporan : Alan.

Editor : Prima