Dinas Kesehatan Lakukan JPKM di Puskesmas Palembaja

Dinas Kesehatan Lakukan JPKM di Puskesmas Palembaja

LAHAT, Ampera Sumsel – Program berobat gratis di kabupaten lahat akan terlaksana pada awal januari tahun 2020, pasalnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalaui Dinas Kesehatan berkerja sama dengan Pukesmaa melaksakan kegiatan sosialisasi Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM). Kamis (12/12).

Kegiatan program Jaminan Pemeliaharaan Kesehatan Masyarakat JPKM. Ini sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan yang akan melaksakan disetiap 24 Kecamatan di Kabupaten Lahat. Hari ini Kegiatan JPKM ini berlangsung di Pukesmas Desa Cempaka Sakti Sp1 Palembaja, dan acara ini diikuti oleh 4 desa Cempaka Sakti, Sukoharjo, Purwaraja Kecamatan Kikim Timur. dan Kencana Sari yang masing2 desa menghadirkan : 1. Kepala desa 2. sekretaris desa 3. ketua BPD 4. Ketua PKK 5. Kader Posyandu.

Sambutan Kepala UPT Puskesmas Palembanja Azis Suyanto, AM.Kep menyampaikan bahwasanya program Bupati & Wakil Bupati Lahat tentang Berobat gratis di kabupaten lahat akan dirubah dari BPJS ke KK KTP.

” Siapapun yang sakit ataupun melahirkan dapat pelayanan Gratis tinggal bawa KK KTP dari Rumah sakit dan Puskesmas pada awal bulan januari 2020. Khusus untuk rujukan penggunaan KK/KTP sudah MoU dan bisa di RSUD Lahat, Pagaralam, 4 Lawang, Muara Enim, rujukan ke RSMJ Rumah sakit Charitas, dan rujukan ke RS Sucipto Jakarta,” katanya.

Sementara Kepala Desa Cempaka Sakti, Sp1 Palembaja Muslih Abdullah merasa senang khususnya bagi masyarakat dengan adanya program berobat grtais dari Pemkab Lahat dengan hanya mengunakan KK dan KTP.

” Kami mewakili masyarakat berharap program berobat gratis ini akan selalu ada karena sangat membantu khususnya untuk warga tidak mampu/miskin, untuk perubahan dari BPJS ke KK/KTP tidak terlalu masalah karena sama – sama gratis. saya berharap walaupun gratis untuk menanggapi dan melayani pasien harus tetap mengedepankan profesionalitas.” jelas Kades.

Laporan : Prima

Editor : Ron.