Puluhan Pelajar Ikut Sosialisasi Jurnalistik PWI 4 Lawang

Puluhan Pelajar Ikut Sosialisasi Jurnalistik PWI 4 Lawang

EMPAT LAWANG – Puluhan siswa-siswi SMA/SMK se Kabupaten Empat Lawang, mengikuti sosialisasi jurnalistik yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Empat Lawang, Kamis (28/11). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung SMK Negeri 1 Empat Lawang.

Ketua PWI Empat Lawang, Rodi Hartono mengatakan, kegiatan dimaksud bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang dunia jurnalis, kepada siswa-siswi SMA sederajat yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“Melalui pelatihan ini, setidaknya bisa memberikan pencerahan kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar,” ungkap Rodi.

Ia menambahkan, perkembangan teknologi saat ini sangat pesat melalui berbagai media sosial yang ada saat ini. Akan tetapi, informasi yang ada di media sosial belum tentu sebuah berita, karena tidak mempunyai data yang akurat dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Jika sebuah berita, tentunya ditulis oleh wartawan yang bekerja di perusahaan pers yang berbadan hukum resmi. Sangat berbeda dengan informasi di Medsos, yang terkadang cenderung menyebarkan berita hoax,” imbuhnya.

Sementara Kepala SMKN 1 Empat Lawang, Saipul Efendi melalui Waka Kesiswaan, Ahmad Nasihin mengatakan, salah satu fungsi wartawan adalah menyampaikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat umum.

“Pekerjaan wartawan merupakan salah satu pekerjaan yang mulia, karena melalui berita dari wartawan itulah masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi,” ujar Nasihin.

Selanjutnya Nasihin mengatakan, wartawan juga merupakan mitra untuk membangun melalui profesinya sebagai penyampai informasi kepada masyarakat. Makanya, pengetahuan dasar tentang jurnalis harus dikenalkan dan dipahami oleh siswa, yang nantinya akan terjun langsung ke tengah masyarakat setelah menyelesaikann studinya di jenjang sekolah menengah atas.

“Kita tidak bisa menngetahui nasib seseorang, makanya harus dipahami bahwa profesi wartawan adalah salah satu tugas mulia, yang bisa ditekuni oleh siapapun yang berkompeten,” tambahnya.

Laporan : Prima

Editor : Ujang