Pemkab Muara Enim Gelar 3 Even Akbar Berturut-turut

Pemkab Muara Enim Gelar 3 Even Akbar Berturut-turut

Plt. Bupati Buka Ferstival Nyeruput 5000 Coffee Muara Enim

# Bertempat di Lapangan Bundar Taman Adipura Kabupaten Muara Enim .

MUARA ENIM, AmperaSumsel – Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah SH membuka langsung Festival Nyeruput 5000 Coffee tahun 2019, di Lapangan Bundar Taman Adipura Kabupaten Muara Enim. Dalam acara tersebut, turut hadir juga Ketua Tim Wasev TMMD Brigjen TNI Amalsya Tarmizi, S.Ip , Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim yang diwakili oleh Wakil Ketua DPRD, Nino Andrian, SE, FKPD dan Kepala OPD terkait pada Jum,at (18/10/19).

IMG-20191018-WA0009

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Amalsya Tarmizi meyampaikan, bahwa diundang dalam acara ini merupakan suatu kehormatan bagi dia. Menurutnya, dengan acara ini banyak pihak yang dapat bekumpul dan diundang untuk hadir di Festival nyeruput 5000 Coffee ini.

“Saya bangga dengan kemajuan Muara Enim saat ini, melalui sektor pariwisata kita juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Muara Enim atas terslenggaranya dan suksesnya Festival Nyeruput 5000 coffee ini”, ucapnya.

IMG-20191018-WA0003
Sementara Ketua pelakasana acara Nyeruput Coffee menyampaikan, kegiatan-kegiatan yang ada di anataranya Peserta Nyeruput 5000 coffee ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Selatan dan juga dihadiri oleh ASN di ruang lingkub Kabupaten Muara Enim serta masayarkat.

“Acara juga dimeriahkan dengan hadirnya para Barista Coffee. Dan untuk jenis kopinya sendiri, merupan coffee asli Kabupaten Muara Enim, yaitu Coffee Semendo”, urai dia.

IMG-20191018-WA0006

Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH dalam sambutanya mengatakan, Kabupaten Muara Enim memiliki keindahan alam dan keaneka-ragaman budaya yang indah, dan salah satunya dari objek perkebunan coffeeyang  merupakan minuman yang terkenal yang mengandung kafein dan memiliki cita rasa yang tinggi.

“Banyaknya jenis minuman kopi, membuat penggemarnya memiliki banyak pilihan untuk dinikmati yang semakin marak saat ini, tidak hanya di kalangan kaum dewasa, namun juga kaum remaja. Terlebih lagi kaum milenial sekarang, sudah pada ngopi semu. Jika coffee saat ini menjadi banyak peminatnya bukanlah hal yang aneh, karena dari Zaman dulu sudah ada coffee. Tinggal kita sekarang, mari kita sama-sama memperkenalkan Coffee kita. Terutama coffee Semendo, supaya bisa menembus pasaran dunia. Dengan adanya kedai-kedai kopi yang berbeda-beda dan tersebar di banyak tempat dan menghadirkan nuansa rasa tersendiri, maka ide kreatif dan unik dalam bidang minum kopi menjadi sisi yang dapat diunggulkan”, tutur Juarsah.

IMG-20191018-WA0011

Penghasil Coffee, lanjut Plt. Bupati, salah satunya ada di Kabupaten Muara Enim, yaitu salah satunya berada di Kecamatan Tanjung Agung dan yang disebut diawal tadi, yang luas lahan pertanian kopi ini lebih kurang 2300 hektar, dengan hasil produksi pertahun lebih kurang 26000 ton per tahun.  Maka dari itu, dengan adanya hal tersebut semakin baik dan akan sangat menguntungkan bagi Kabupaten Muara Enim, yang mana kopi Semendo ini sebagaimana tadi Pak Jenderal sudah sampaikan, sejak lama dikenal secara internasional.

“Bukan nasional saja, di mana-mana ada produksi kopi bubuk di Palembang di Jakarta mereknya tetap, walaupun dari Bengkulu, Lampung ,Coffenya ternyata mereknya masih juga Semendo, dan itu adalah suatu kebanggaan bagi kita, dan suatu nilai lebih dan dari itu peluang bisnis yang sangat besar bagi kaum Milenial untuk membuka lapangan pekerjaan. Kita bisa bikin kedai kedai Coffee di mana-mana, bukan saja di Kabupaten Muara Enim, bahkan sampai di Jakarta ibukota negara kita dan di seluruh pelosok dunia, bahkan sudah sangat dikenal Coffee Semedo”, urainya.

IMG-20191018-WA0013
Maka dari itu, masih kata Plt. Bupati, dengan adanya acara Festival 5.000 Coffee hari ini, semua pihak dapat lebih memperkenalkan lagi coffee Muara Enim dengan cita rasa yang bervariasi. Tentunya dengan rasa yang cocok dengan kaum Milenial saat ini, Coffee ini juga sekaligus dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan luar negeri ke Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim.

IMG-20191018-WA0015

“Untuk mempertahankan kualitas Coffee, Pemerintah Muara Enim sudah berusaha mensejahtrakan petani Coffee dengan cara memberi penyuluhan dan bantuan pupuk, dan kita sudah kerja sama dengan Alfa Mart dan yang lainya, agar supaya coffee kita bisa dengan mudah ditemukan. Terutama untuk oleh-oleh”, pungkasnya.

 

H. Juarsyah Hadiri Malam Puncak Festival Kesenian Tradisional Muara Enim

Malam puncaknya Festival Kesenian Tradisional dihadiri Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH dan Pejabat Pemkab Muara Enim lain, Kapolres Muara Enim, AKBP. Afner Juwono, SIK, Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Inf Syafruddin, Dirut PTBA, dan Perusahaan BUMN, DPRD Muara Enim, Dewan Juri dari KementrianParawisata Republik Indonesia dan undangan di Halaman Pelataran Taman Adi Pura Kabupaten Muara Enim Sumsel, Sabtu (19/10/2019)

Ketua Panitia Festival Kesenian, H. Renaldo, STTP, M. Si Menyampaikan sambutan dari kepala Badan pendapatan daerah Kabupaten Muara Enim tahun 2019 malam puncak festival kesenian tradisional yang merupakan bagian dari program festival kalau Kabupaten Muara Enim tahun 2019. Maksud dan tujuan acara pada malam hari ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim mengajak masyarakat Kabupaten Muara Enim untuk ikut berperan dalam memajukan dan menggali potensi kesenian daerah Kabupaten Muara Enim kebersamaan dalam menciptakan rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat Kabupaten Muara Enim.

IMG-20191020-WA0054

“Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, hari pertama yaitu tanggal 18 Oktober 2019 waktu jam 19 WIB sampai dengan selesai tempat plataran taman Tugu Adipura Kabupaten Muara Enim, dengan acara pembukaan lomba tari dan lomba fotografi. Hari kedua yaitu pada hari ini tanggal 19 Oktober 2019 waktu jam 8 sampai dengan selesai, tempat plataran taman Tugu Adipura Kabupaten Muara Enim”, urainya.

Lalu, lanjut dia, acara pembukaan sambutan ketua pelaksana hiburan dan tari kreasi berdasarkan PLT Bupati Muara Enim Fashion Show ibu dan artis nasional. Kemudian pengumuman pemenang dan peserta-peserta dari provinsi tetangga, yaitu dari Jambi Kemudian dari kabupaten kota yang ada di sekitar Provinsi Sumatera Selatan dan dari Kabupaten Muara Enim yang terdiri dari satu lomba tari kreasi tradisional.

“Jumlah peserta, sambung dia, adalah sebanyak 18 grup 2 lomba videografi jumlah peserta 10 peserta 3, lomba kompetisi fotografi jumlah peserta 20 peserta dan bintang tamu yang dihadirkan Zigaz dari Jakarta sumber dana dari APBD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2019 di Dinas Pariwisata dan Ekonomi kreatif Kabupaten muaraenim”, ucap Renaldo

Plt. Bupati Muara Enim, H Juarsah SH menyampai sambutan di malam puncak Festival Kesenian Tradisional Daerah tahun 2019. Menurutnya, kemajemukan penduduknya membuat Kabupaten muaraenim menyimpan potensi kesenian tradisional multi etnis, yang apabila dikemas dengan baik dan menjadi asset yang tak ternilai harganya. Untuk membentuk karakter dan pekerti, masyarakat yang tangguh dapat menjadi penopang utama dalam mengembangkan industri pariwisata di Kabupaten Muara Enim.

“Sebaliknya, apabila kesenian tradisional kurang mendapat perhatian yang memadai maka dikhawatirkan kesenian tradisional yang bernilai tinggi itu akan luntur akibat pengaruh negatif budaya luar yang dewasa ini dengan leluasa dapat menerobos masuk ke setiap pintu rumah penduduk melalui kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi Oleh karena itu pengembangan dan pengaktualisasian kesenian tradisional, yang dimiliki merupakan salah satu metode penangkal yang efektif untuk menjadi filter agar kita tidak kehilangan identitas diri terutama bagi generasi muda Muara Enim”, sebut H. Juarsah.

Peningkatan kualitas inovasi dan kreasi kesenian tradisional, dijelaskan, akan menjadi solusi yang tepat guna memberikan nilai bagi pengembangan kesenian tradisional di masa yang akan datang. Atas dasar itu, maka saya atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat mendukung penyelenggaraan festival kesenian tradisional tahun 2019, Karena merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian masyarakat dan pemerintah untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya dan mengembangkan nilai-nilai budaya moral dalam rangka memperkuat kesenian tradisional dengan cara mengenal mengetahui dan memahami kesenian tradisional yang merupakan bagian integral budaya nasional akan mampu menumbuhkan rasa cinta rasa kebersamaan rasa saling memiliki yang saling menghargai.

“Marilah kita ikut serta menjaga nilai-nilai budaya positif yang telah diwariskan oleh para leluhur kita, sehingga tidak luntur dan tidak sirna oleh pengaruh budaya luar yang negatif di masa mendatang. Saya berharap agar dapat menjadi salah satu daya tarik wisata yang berbasiskan budaya etnis dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan datang di Kabupaten Muara Enim”, tutur H Juarsah SH.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba photo grafer dan Vudio Grafer, di antarnya Nominasinya photo grafer hadia langsung diserahkan Sekda Muara Enim, H Hasanudin, Juara 3 Bayu Kurniawan, juara 2 Martopi juara 1 Junius Anto dan dari kata goru Vidio Grafer Nominasi Juara 3 Anas, Juara 2 Rendra dan juara 1 Bayu Kurniawan, hadiah langsung di serahkan oleh Kodim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafruddin

Penguman lomba tari tradisional pemenangnya adalah juara ke-3 Sanggar Suban Muara Enim, Juara 2 Sanggar tari Kabupaten Lahat dan juara 1 di dapat Sanggar tari dari SMK Bukit Asam Tanjung Enim dan penguman Kopi Victor 65.000 kopi Muara Enim 2019 dengan jumlah peserta 28 orang Sumatera Selatan pemenangnya adalah Juara 3 dari Muara Enim, Juara 2 dari Pagar Alam dan Juara Pertama di dapat dari Palembang Serta penguman kupon undian bagi masyarakat Muara Enim yang hadia Sepeda Motor Yamaha hadia tersebut langsung diserahkan Bupati Miuara Enim, H. Juarsah.

 

Fine Bike 2019 Dihadiri Plt. Bupati Muara Enim

Plt. Bupati menghadiri dan mengikuti acara fine bike merakyat 2019. Acara tersebut dihadiri juga oleh Kaplores Muara Enim, Sekda Kabupaten Muara Enin, Wakil Ketua penggerak PKK Muara Enim, Ketua Dharma Wanita Muara Enim, Kepala Bank BPR Muara Enim, Kepala OPD Kabupaten Muara Enim pada Minggu (20/10/2019).

IMG-20191020-WA0026

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati H Juarsah SH memberikan bantuan kepada 10 anak yatim piatu dan menyampaikan, bahwa acara fine bike ini bisa terus ditingkatkan dan berkelanjutan, guna mendukung visi dan misi Kabupaten Muara Enim yang merakyat dan agamis berdaya saing Mandiri sehat dan sejahtera.

“Saya juga mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini. Kegiatan seperti ini seperti apa yang telah disampaikan oleh ketua pelaksana tadi, agar kita bisa tingkatkan lagi di waktu-waktu yang akan datang. Kalau perlu, kita adakan di waktu-waktu tertentu atau di hari-hari libur kita bisa adakan kegiatan seperti ini, walaupun tidak formal. Kalo perlu, kita budayakan kegiatan bersepeda untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan kita”, ajaknya.

Dirinya, kata Juarsah, cuma yang bisa menyampaikan bahwa pada hari ini piaknya berterima kasih kepada semuanya yang hadir, baik dari Kabupaten Muara Enim maupun dari kabupaten kabupaten tetangga yang telah ikut serta dalam mengambil bagian di kegiatan ini.

“Semoga acara ini menjadi kegiatan ajang silaturahim antara masyarakat dan pemerintah, sehingga hubungan kekeluargaan serta silaturahmi kita akan tetap dan selalu terjaga dengan baik”, tutup Juarsah.

Post : (Adv)

Laporan : Alan

Editor : RON