Kejaksaan Negeri Lahat Gelar Rapat Koordinasi PAKEM

Kejaksaan Negeri Lahat Gelar Rapat Koordinasi PAKEM

LAHAT, Ampera Sumsel – Rapat Koordinasi pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat (PAKEM) Kabupaten Lahat, bertempat di aula Jaksa Lahat, Selasa (8/10).

Dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi SH, Kapolres Lahat AKBP. Ferry Harahap S.I.K M.Si, Ketua Pengadilan Agama, Kasi Intel Jaksa, Kasat Intel, Kemenag, Diknas, MBI Lahat, FKAG, Ketua Pondok Pesantren, Ketua Muhammadiyah, para Camat dan peserta rapat koordinasi lainnya.

Jaka Suparna mengatakan, bahwa Ini adalah tugas Kejaksaan, dimana Kejaksaan mengawasi aliran kepercayaan di Kabupaten Lahat, untuk menciptakan situasi kondusitifitas.

“Kejaksaan sebagai inteligen Negara, menjaga kamtibmas dan deteksi dini serta pengawasan aliran kepercayaan. Yang hakikatnya menjaga keamanan nasional” ungkap Jaka.

Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM, bahwa situasi di Kabupaten Lahat sampai saat ini masih terbilang kondusif. Namun tetap perlu di waspadai.

“Alhamdulillah sampai saat ini Lahat masih dalam kondusif. Namun tetap kita terus mewaspadai. Jadi dihimbau kepada camat disampaikan kepada kades, agar terus mengamati wilayahnya” ungkapnya (Mg03)

Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap SIK MSi mengatakan, dalam waktu dekat akan diadakan pelaksanaan Pilkades dan pelantikan Presiden. Tentunya perlu diwaspadai seperti Radikal, yang dapat mempengaruh dan meresahkan masyarakat.

“Kita harus hati hati dan mewaspadai, dalam artinya menjaga kamtibmas” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0405/Lahat Letkol Kav H Sungudi SH MSi mengatakan, Aliran kepercayaan yang berkembang yang pada umumnya ada 50 di Indonesia.

“Bila ada timbul aliran baru dan menyangkut keagamaan, lakukan pengawasan. Jadi saya harap kepada camat dan kades monitoring wilayahnya” ungkapnya

ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lahat, Drs H Darul Husni SH MH mengatakan, persoalan aliran selalu berkembang menurut dewasannya budaya manusia.

“Maka perlunya pantauan dalam perkembangan. Dalam menciptakan situasi kondusif ” ungkapnya

Kepala Kantor Kementerian ( Kakankemenag) Kabupaten Lahat Drs H Rusidi Dja’far MM mengatakan, bahwa bersama sama antisipasi keamanan masyarakat.

“Terkait aliran kepercayaan, jangan sampai memicu konflik dan secara pribadi kita tidak boleh menvonis. Tugas kita kedepan adalah bekerjasama, dengan cara kita amati lingkungan masing masing” ungkapnya.

Laporan : Prima

Editor : Coy