Dinkes Lahat Berikan Pelatihan Terakreditasi di Puskesmas Kota Agung

Dinkes Lahat Berikan Pelatihan Terakreditasi di Puskesmas Kota Agung

LAHAT, Ampera Sumsel – Dalam rangka meningkatkan kwalitas dalam menghadapi akreditasi pada tahun 2020, maka dinas kesehatan kabupaten lahat memberikan pelatihan persiapan pada Puskesmas Kota Agung Kabupaten Lahat. Pelayanan terbaik pada masyarakat tentang kesehatan, adalah sebuah capaian yang telah diraih oleh Puskesmas Kota Agung. Terbukti pada penilayan akreditasi tahun 2017 yang lalu, Puskesmas Kota Agung mendapatkan tingkat Dasar oleh tim penguji dari Kementrian kesehatan. Dalam penilaian akreditasi ada tingkatan yang harus dicapai yaitu, tingkat Dasar, Madiya, Utama, dan Paripurna. Yang dinilai oleh tim akreditasi adalah Administrasi Manajemen (Admin), Unit Kesehatan Perseorangan (UKP), Unit Kesehatan Masyarakat (UKM).

Oleh sebab itu hari ini Selasa (8-10-29) bertempat di ruangan Puskesmas Kota Agung, Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat memberikan pelatihan ditiga kelompok tersebut. Ketua tim pendamping pelatihan M. Hadori. SKM, M.Epid, yang memberikan pelatihan bagian Admin mengatakan, bahwa pihaknya memberikan pelatihan ini sebagai persiapan akreditasi pada bulan Mei tahun 2020 mendatang.

“Karena akreditasi ini dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, oleh sebab itu kita harus mempersiapkannya mulai saat ini,” terangnya.

Hadori juga menambahkan, saat penilaian akreditasi tahun depan ia berharap Puskesmas Kota Agung bisa meraih nilai tingkat Madiya atau Utama.

“Capaian itu harus kita dapatkan, karena tahun lalu puskemas kota agung sudah mendapatkan dasar, bisa saja tahun depan kita dapat utama. Yang penting dalam penilaian nanti jangan sampai menurun,” tambahnya.

Senada dengan Kepala UPT Puskesmas Kota Agung, Achmad Fuad SKM, M.kes, dengan diadakannya pelatihan re akreditasi ini akan menambah ilmu untuk menghadapi akreditasi tahun depan. Semoga Puskesmas Kota Agung dapat meraih nilai tertinggi.

“Harapan kita dari UKP, UKM, dan Admin tidak ada masalah, oleh sebab itu besar harapan kita puskesmas kota agung dapat meraih nilai utama diakreditasi mendatang,” pungkasnya.

Adapun anggota tim pendamping Akreditasi Dinkes Kabupaten Lahat ini terdiri dari:
1. M.Hadori, SKM, M.Epid.
2. dr.Bramono
3. Mulawarman, SKM.

Laporan : Prima

Editor : Coy