Dinas dan Instansi se-Kabupaten Muara Enim Gelar Rakor 2019

Dinas dan Instansi se-Kabupaten Muara Enim Gelar Rakor 2019

Muara Enim, AmperaSumsel – Rapat Koordinasi (Rakoor) Dinas dan Instansi se-Kabupaten Muara Enim dilaksanakan di Kecamatan Kelekar, Kabupaten Muara Enim. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH, para Asisten, perangkat OPD, seluruh Kepala Intansi, seluruh Camat dari 18 Kecamatan, semua anggota DPRD dari Davil III, serta ibu-ibu PKK dan organisasi lainya, Kades dan TNI, Polri, dan ASN lainya. Senin (30/9/19).

IMG-20190930-WA0023

Dalam penyampaiannya Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem), Maizal Kastran mengatakan, di Kecamatan Kelekar ada 4 materi permasalahan yang ada di 6 kecamatan di Dapil lll, hasil dari tanya jawab dari setiap perwakilan di setiap kecamatan, yaitu Kecamatan Widodaren, Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Kelekar, Kecamatan Lembak, Kecamatan Muara Belida dan Kecamatan Sungai Rotan meliputi 4 bidang l (pertama ) yaitu Bidang pemerintahan dan Kesra 2 (dua) bidang perekonomian dan pembangunan 3 (tiga) Bidang administrasi umum, 4 (empat) Bidang Pangan dan untuk di wilayah Dapil lll Kabupaten Kecamatan, desa dan Kelurahan untuk peserta non PNS dari desa dan kelurahan diberikan biaya transportasi sesuai dengan kemampuan daerah.

IMG-20190930-WA0019
Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH dalam sambutannya mengatakan, dalam acara rapat koordinasi ini seluruh instansi se-Kabupaten Muara Enim Triwulan ke III merupakan agenda Tahunan yang dilaksanakan di Kecamatan Kelekar ini, dengan tujuan untuk bersinergi antara pemerintah kabupaten dengan desa.

IMG-20190930-WA0020
“Sehingga, apa yang menjadi masalah dari tingkat desa sampai kabupaten dapat kita temukan. Dengan rakor ini juga dapat menginditifikasi masalah yang ada, kemudian mencari jalan keluar dari setiap permasalah yang ada”, kata Juarsyah.

IMG-20190930-WA0025

Juarsah juga menyampaikan, banyak program visi dan misi Kabupaten Muara Enim dalam satu tahun kerja ini yang telah dilaksanakan dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, di antaranya telah melaksanakan program sekolah gratis dengan memberi bantuan pakaian sekolah kepada anak SD, SMP, swasta dan negeri. Kemudian Pemkab Muara Enim telah melaksanakan program kesehatan gratis melalui BPJS.

“Sehingga masyarakat tidak usah susah-susah dan tidak usah ragu lagi untuk berobat ke puskesmas atau ke rumah sakit yang ada kerjasama dengan BPJS di bidang kesehatan, juga di bidang kematian sosial dan kita juga telah melaksanakan santunan kematian. Yang mana santunan kematian ini telah kita lounching sejak 1 Juli 2019 lalu. Jadi bila ada masyarakat Kabupaten Muara Enim yang belum dicover asuransi lainnya, itu sudah dicover oleh asuransi kematian yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Muara Enim”, paparnya.

IMG-20190930-WA0028

Rapat ini, sambung Juarsah, bukan saja acara serimonial semata, tapi untuk mengetahui permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Muara Enim.

“Agar permasalahan yang ada dapat segera diselesaikan,”pungkas Juarsah, sembari mengajak semua elemen untuk membanggun Kabupaten Muara Enim menjadi lebih baik lagi. (Adv/Alan)

IMG-20190930-WA0037

Editor : RON