Musim Kemarau, Banyak Petani Mengeluhkan Air

Musim Kemarau, Banyak Petani Mengeluhkan Air

MUARA ENIM, Ampera Sumsel – Saat musim kemarau seperti ini, banyak masyarakat yang mengeluhkan masalah air. Baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk lahan pertanian.

Seperti yang dialami oleh Joko selaku petani sayur diwilayah Desa Keputusan, dirinya mengatakan bahwa musim kemarau yang telah terjadi selama ini membuat dirinya dan rekannya sulit untuk menghasilkan panen sayur yang banyak.

” Air tadi kendalanya, soalnya di kebun kita biasa menggunakan sumur, saat ini sumur sudah kering, jadi kita tolong menolong beli mesin air untuk menyedot air disungai Lebih,” tuturnya.

Sementara itu, Kades Desa Keputusan Erwan ketika dikonfirmasi melalui via telpon mengatakan, memang benar pada musim kemarau saat ini banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang air untuk lahan perkebunan maupun pertanian mereka.

” Saya selaku pemerintah Desa selalu memantau perkembangan dan mengingatkan kembali agar jangan membakar lahan atau tumpukan rumput sembarang. Kaluupun membakar rumput harus jaga dan dipadamkan apinya jika rumput yang dibakar sudah habis,” Pungkasnya. Jum’at, (13/9/2019).

Laporan : Alan

Editor : Prima