Wabup dan BNNP Sumsel Bahas Pembentukan Kantor BNNK Lahat

Wabup dan BNNP Sumsel Bahas Pembentukan Kantor BNNK Lahat

LAHAT, Ampera Sumsel – Wakil Bupati Lahat H.Haryanto SE MM MBA didampingi oleh Unsur Forkompimda Kabupaten Lahat, menerima kunjungan kerja Kepala BNNP Sumatera Selatan Brigjen Pol. Drs. Jhon Turman Panjaitan di Kabupaten Lahat. Dalam rangka rapat rencana pembentukan Badan Norkotika Nasional Kabupaten ( BNNK ) di Kabupaten Lahat, Selasa (10/9), bertempat di ruang Oprom l Sekretariat Kabupaten Lahat.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Kasdim Kodim 0405 Lahat Mayor. Inf Mahlan Agussalim, Kajari Lahat Jaka Suparna.SH MH, Ketua Pengadilan Negeri yang diwakili, Staf Ahli, Ketua MUI Lahat Drs. H. Zulkia Kohar, Kepala Badan Kesbang Pol, Kasat Narkoba Lahat, Kadispora, Kadis Sosial, Kadis PRKPP, Kadis Kesehatan, Kadis PUPR, Kadis Dikbud, Kepala BKPSDM, Kepala Bappeda, Kasat Pol PP, Damkar, Camat Lahat dan juga hadir Kepala BNNK Muara Enim, Kepala BNNK Empat Lawang dan Kepala BNNK Kota Pagar Alam.

Dalam arahan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, pertama dirinya mengucapkan selamat datang kepada Kepala BNNKP Sumatera Selatan di Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat, dan juga selamat datang kepada Kepala BNNK Muara Enim, Kepala BNNK Empat Lawang dan Kepala BNNK Kota Pagar Alam. Kabupaten Lahat telah berumur 150 Tahun dan telah mempunyai dua anak yaitu: Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagar Alam.

“Data Narapidana dan Tahanan Lapas Lahat berjumblah 527 Orang, diantaranya 803 Orang ( 75,%) merupakan narapidana dan tahanan kasus Narkoba, maka dari itu dengan diadakan pembentukan Kantor BNNK Lahat akan bisa mengurangi banyaknya jumlah narapidana kasus Narkoba. Selain itu juga kami Pemerintah Daerah Lahat telah menyiapkan Lokasi Kantor dan Kendaraan Dinas untuk BNNK Lahat pada Tahun 2019, kami berharap semoga Kabupaten Lahat secepatnya dapat membentuk Kantor Badan Narkotika Nasional Kabupaten Lahat, semoga rencana baik kita semua diredohi oleh Allah SWT”, tuturnya.

Adapun paparan dari Kepala BNNP Sumatera Selatan Brigjen. Pol Drs. Jhon Turman Panjaitan, dirinya merasa bahagia dan tersanjung, diamana pada hari ini dilatar belakangi keinginan yang kuat untuk membahas pembentukan BNNK Lahat. BNNK belum dapat terlaksana, karena ada moratorium dan terhalang Anggaran, dimana anggaran BNN pertahunnya belum bisa memenuhi pembentukan BNNK, tercatat di Sumatera Selatan ini baru Sembilan (9) BNNK yang ada dari 174 BNNK.

” Pembentukan BNNK belum bisa dilakukan di Kabupaten Lahat, akan tetapi kami akan beri solusi yakni Pembentukan Tim P4GN terlebih dahulu yang tugasnya untuk Sosialisasi dan Rehabilitas”, cetusnya.

Kemudian, usai melaksanakan rapat bersama, dilanjutkan dengan peninjauan rencana lokasi Kantor BNNK Kabupaten Lahat di Jalan Serma M. Soleh Kelurahan Pasar Baru Kabupaten Lahat.

Laporan : Prima

Editor : Coy