Prioritas Pengangguran Komputer Ramai Diminati

Prioritas Pengangguran Komputer Ramai Diminati

/// BLK Kesulitan Data Alumni

LAHAT, Ampera Sumsel – Jurusan pelatihan ilmu komputer mendominasi pilihan masyarakat untuk menambah keterampilan di UPTD BLK (Balai Latihan Kerja) kabupaten Lahat. Dalam proses prekrutan BLK lebih mengutamakan masyarakat yang belum bekerja dengan harapan bisa memberikan dampak positif melalui keterampilan yang dimiliki.

Kepala UPTD BLK Kabupaten Lahat Riswa Hartati,Spd mengatakan, saat ini jumlah siswa yang mengikuti pelatihan di BLK Lahat ada sebanyak 144 orang yang berasal dari seluruh daerah yang ada di kecamatan Kabupaten Lahat. Untuk jurusan keterampilan yang diikuti yakni, Ilmu komputer, Tata rias, menjahit, Tekhnisi Elektronik dan Otomotif mesin mobil bensin.

“Jurusan Komputer yang paling banyak di minati, untuk perekrutan di utamakan masyarakat yang tidak bekerja dan berlatar pendidikan SMP, SMA dan paket yang memiliki semangat untuk belajar,” ujarnya.

Dijelaskan nya, untuk proses perekrutan pelajar di lakukan Disnaker kabupaten Lahat termasuk jumlah siswa yang diterima. Sedangkan BLK adalah tempat dimana para siswa menimba keterampilan secara gratis untuk semua jurusan yang ada.

“Proses perekrutan pelajar dan belajar masyarakat tidak dipungut biaya sampai siswa tersebut benar-benar mahir dan dinyatakan layak untuk lulus,” imbuhnya.

Ditambahkan Riswa, bagi siswa yang lulus akan mendapat kan sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikat Pusat) yang mana harus melalui sistem uji kompetensi yang di lakukan pihak BLK. Saat ini kendala di lapangan adalah para alumni sering tidak memberi laporan apakah keterampilan yang di miliki dipakai untuk bekerka atau membuka usaha.

“Untuk uji kompetensi tergantung dengan daya tangkap siswa jika cepat menyerap ilmu dan lulus maka akan mendapat serrifikat dari BNSP sebagai modal untuk bekerja atai ber Wirausaha,” jelasnya.

Laporan : Prima

Editor : Coy