Desa Muara Siban Gelar Hut RI Dengan Bermacam Perlombaan

Desa Muara Siban Gelar Hut RI Dengan Bermacam Perlombaan

LAHAT, Ampera Sumsel  – Dalam rangka mengisi serta memeriahkan HUT Kemardekaan RI yang Ke-74 Tahun, warga Dusun Satu Desa Muara Siban, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, menggelar berbagai macam perlombaan. Sabtu, (17/8).

Terlihat memang, antusiasme serta kegembiraan yang terpancar diraut wajah masyarakat dusun satu Desa Muara Siban tersebut. Baik itu yang hanya sekedar menyaksikan perlombaan, ataupun yang ikut langsung menjadi peserta perlombaan itu sendiri.

Fikri, selaku Ketua panitia perlombaan mengatakan, ini merupakan bentuk partisipasi warga dusun satu Desa Muara Siban, dalam rangka mengisi serta memeriahkan HUT RI yang Ke-74 tahun. Dengan menggelar berbagai macam perlombaan diantaranya, lombah panjat pinang, makan krupuk, pancing botol serta juga lombah balap kelereng.

“Memang tak banyak perlombaan yang digelar, namun ini lah ungkapan kecintaan kami terhadap tanah air”, ujar Fikri, disela-sela waktunya sembari mengarahkan perlombaan yang digelar.

Tak hanya itu saja, ditambahkan Fikiri, akan tetapi ini mampu menumbuhkan rasa nasionalisme serta dapat mempererat tali silahturahmi antar sesama dengan rasa persaudaraan dan kebersamaan. Selain itu juga, peserta yang mengikuti perlombaan ini nantinya akan mendapatkan bingkisan (hadiah). Yang tentu, hadiah tersebut didapat dari usaha dan kegigihan para peserta lombah untuk dapat menjadi juara. Dan bagi para peserta, diharapkan tidak mengenyampingkan kesportifitasan dalam aturan perlombaan.

“Semoga ini dapat berjalan lancar, kedepankan lah sportifitas dalam perlombaan”, arahanya.

Dodi, (17) Haikal, (15) Rahma, (16) peserta lombah panjat pinang dan dikesempantan itu pula merekapun menuturkan, yang mana perlombaan-perlombaan seperti ini jarang dilakukan hanya diwaktu tertentu saja, mereka bangga dapat ikut berpartisipasi menjadi peserta lombah dalam rangka mengisi serta memeriahkan HUT RI yang Ke-74 tahun ini.

“Kami senang dan banggah dapat mengikuti perlombaan ini, dengan harapan kami dapat menakhlukan licinya serta bisa menggapai hadiah yang ada di atas pohon pinang tersebut nantinya”, harapannya.

Laporan : Ferdi

Edithor : Prima