Gali Investor, Pagaralam Akan Dirikan Wahana Wisata Kereta Gantung

Gali Investor, Pagaralam Akan Dirikan Wahana Wisata Kereta Gantung

PAGARALAM, Ampera Sumsel  – Gema rencana membangun Wahana Wisata Kereta Gantung Di cetuskan saat Sidang Istimewa HUT Kota pagaralam ke 18 oleh Walikota Alpian Maskoni SH di hadapan Para Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Guburnur Sumsel H Herman Deru dan Para undangan.

Pembangunan kereta gantung ini untuk menciptakan destinasi wisata baru di wilayah kota Pagaralam,” kata Alpian di Ruang Rapat Istimewa DPRD Pagaralam, Jum’at (21/6/2109) lalu.

Kereta gantung akan dibangun dari Area kawasan Wisata gunung Dempo ke lokasi – Lokasi wisata seperti Dempo Park,  Air Terjun juga Area pasar,  Lematang sampai Bandara Atung Bungsu.

Kereta gantung tersebut kelak Rencananya melintasi pusat Kota dan tempat Wisata sekitar Kota Pa lPagaralam“Kebetulan di tengah-tengah kota Pagaralam ada beberapa Lokasi wisata seperti Dempo park, Curup dan Tebat Reban, kampung Megalit tanjung Aro. “sebutnya.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut Alpian mengatakan, saat ini Pemerintah Kota pagaralam sedang melakukan penjajakan ke investor luar maupun dalam negeri, Diperkirakan, biaya pembangunan mencapai Rp 150 – 200 miliar lebih. Yang jelas nantinya Investor tersebut sudah pernah membangun Wahana wisata Kereta gantung ,ujarnya.

Masih kata Alpian, untuk mengembangkan dan menambah sektor pariwisata baru hal Dan diyakini berpotensi untuk meningkatkan jumlah wusatawan masuk ke wilayah Kota Pagaralam Dan selain berwisata wisata juga akan membelanjakan uangnya Di pagaralam,  seperti Hotel,  penjual Souvenir,dan lainnya ,Pedagang di Pagaralam akan bergeliat maju.

“Kalau Distinasi wisata tidak disiapkan dari sekarang, Pagaralam akan lambat untuk berkembang dibidang Wisatanya, Karna itulah pemerintah akan berusaha keras untuk memajukan Dunia Pariwisata, selain komoditi Kopi unggulan. Oleh karena itu, Pemkot Pagaralam merencanakan punya destinasi wisata baru seperti kereta gantung,” tutur Alpian.

Lebih jauh Alpian menjelaskan, pembangunan kereta gantung tidak akan menghilangkan nilai-nilai sejarah yang ada. Justru sebaliknya, dengan wisata kereta gantung akan memperkenalkan nilai sejarah yang ada di Kota Pagaralam, kepada masyarakat nantinya akan berdampak positif untuk lapangan pekerjaan juga perekonomian bagi masyarakat itu sendiri, setidaknya untuk pedagang dan pengusaha kecil akan bagus dampaknya.”Diyakini bila ini (wahana) terwujud dampak ekonmi luar biasa.”ucapnya.

Dikatakan Alpian, Rencana pelaksanaan pembangunan akan diupayakan secepatnya. Saat ini Pemkot Pagaralam tengah terus berusaha menjajaki kerja sama dengan Investor dan sistem pembiayaan nanti bagai mana.”pungkasnya.

Laporan : Ilham

Editor : Prima

amperasumsel.com