Menhub Pertimbangkan Bangun Bandara di Lahat Sumsel

Menhub Pertimbangkan Bangun Bandara di Lahat Sumsel

JAKARTA, Ampera Sumsel  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempertimbangkan pembangunan Bandar Udara di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Menhub berharap dengan adanya bandara di Lahat akan meningkatkan perekonomian di sekitarnya.

“Ada inisiatif membangun bandara di Lahat, saya akan terima usulannya dan saya akan pelajari, kalau memenuhi syarat kita akan mulai bangun supaya sumber energi yang ada di Lahat ini berkembang dengan baik,” kata Menhub Budi dalam keterangannya.

Jika dilihat dari kebutuhan tentu Bandara di Lahat ini sangat penting karena jarak dari Silampari hampir 3-4 jam, sementara dari Pagar Alam 2 jam.

“Kalau dilihat begitu memang jarak tempuh 2 jam itu dimungkinkan, dan Pemda harus menyiapkan lahan untuk standar bandara adalah luas 150 hektar,” ungkapnya.

Terkait dengan kunjungan kerja ke Lahat, Menhub mengatakan bahwa ini adalah intruksi dari Presiden Jokowi untuk memberikan kemudahan akses bagi warga Sumsel.

“Saya datang ke Lahat diminta Presiden, karena daerah ini lumbung energi Sumatera Selatan yang juga lumbung energi nasional, apa yang saya koordinasikan bagaimana jalan-jalan dan infrastruktur itu dilaksanakan dengan baik,” jelasnyanya.

Dalam waktu dekat, menteri kelahiran Palembang ini mengatakan akan segera melakukan pembangunan jalan tol. “Tahun ini jalan tol kita bangun, Insyallah dalam dua tahun selesai,” tuturnya.

Jalan tol yang akan dibangun kata Menhub, mulai dari Bengkulu, Linggau, Lahat, Muara Enim sampai ke Ogan Kimiring Ilir.

“Lahat ke Palembang yang tadinya 5-6 jam bisa menjadi 2 jam. Ada beberapa infrastruktur yang memang harus diperbaiki kita lakukan perbaikan,” pungkasnya.

Laporan : Team

Editor : Prima

amperasumsel.com