PEMKAB OI SELIDIKI CAKADES NARKOBA

PEMKAB OI SELIDIKI CAKADES NARKOBA

OGAN ILIR, Amperasumsel — Sebanyak 175 desa akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Ogan Ilir (OI) pada 12 Oktober 2016. Guna kelancaran tahapan, ratusan panitia telah diasup bahanbBimbingan teknis panitia pilkades oleh Pemerintah Daerah melalui Badan Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD),  Selasa (26/7/2016) . “Bimbingan teknis ini diharap dapat membuat pilkades nanti berjalan sesuai aturan yang berlaku tanpa membuat perpecahan di masyarakat atau konflik sosial,” kata ata Plt Bupati OI, Ilyas Panji Alam. 

Adapun untuk anggaran pilkades serentak, lanjut Ilyas, Pemkab OI sudah menganggarkan puluhan milyar. “Jumlah pastinya anggarannya belum dapat saya sebutkan. Mulai dari honor panitia, tenaga pemantau hingga aparat keamanan yang bertugas di setiap desa,” kata Ilyas. 

Selain itu, pilkades juga melibatkan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OI yang diberikan mandat sepenuhnya dalam melakukan proses administrasi peserta Pilkades bebas narkoba.

Disinggung soal cakades berijazah palsu, Ilyas mengatakan hal tersebut tidak dibenarkan. “Bila ada akan dipidanakan, saya yakin kejadian tersebut tidak ada di OI,” pungkasnya.

Terpisah,  Kapores OI, AKBP M Arief Rifa’i menegaskan pihak nya tidak akan main-main bila ada oknum yang kedapatan curang atau segaja mengacau jalannya pilkades.“Desa-desa yang rawan sudah kita marking (tandai) begitu juga dengan aparat kepolisian, sebanyak 2/3 anggota polres dan polsek akan di siagkan di setiap tempat pemungutan suara pilkades nanti,” kata Kapolres. (AD)

Dipos di