GUBERNUR SUMSEL APRESIASI PRESTASI ASWARI RIVAI

GUBERNUR SUMSEL APRESIASI PRESTASI ASWARI RIVAI

Screenshot_2016-05-24-01-50-16_1

PALEMBANG,  AmperaSumsel– Apa yang terjadi dibalik waktu selama Delapan tahun Bupati Lahat, H. Aswari Riva’i, SE, yang hampir dua periode menjadi pemimpin di Bumi Seganti Setungguan ini. Kalimat yang bernada pertanyaan tersebut, dapat terjawab melalui sejumlah rangkaian kegiatan di Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lahat Ke-147 dengan perayaannya yang Ke XVIII, yang baru saja usai dilaksakan pada pekan lalu tahun 2016.

Sebelumnya,Pemerintah Kabupaten Lahat yang di nakhodai oleh seorang Bupati yang dikenal dekat dengan rakyat ini, menggelar sebuah ajang kompetisi usaha kecil dan menengah serta sektor usaha penunjang ekonomi kerakyatan, dalam bentuk pagelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Se-Sumsel yang dihadiri oleh perwakilan instansi dari 17 kabupaten/kota di Sumsel. Pada kesempatan yang disaksikan oleh beberapa kepala daerah kabupaten/kota ini, dibuka secara langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Ishak Mekki, di lapangan Seganti Setungguan. “Semoga saja dengan diadakannya pagelaran TTG tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2016 ini, dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan di Bumi Sriwijaya yang kita cintai ini”, ucap Mekki, saat pembukaan TTG XII, yang juga merupakan rangkaian HUT Kabupaten Lahat Ke 147 itu.

Yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Lahat Ke 147 ini, adalah terlaksananya sidang Paripurna di ruang rapat utama Gedung DPRD Kabupaten Lahat pada tanggal 20 Mei 2016 lalu. Dihadapan ratusan pejabat dari berbagai kalangan, lembaga negara, eksekutif dan legislatif serta masyarakat umum. Herliansayah, SH, MH selaku Katua DPRD Kabupaten Lahat memimpin dan membuka secara resmi sidang tersebut. “Dengan mengucap Bismillah Hirrohman Nirrohim, sidang paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Lahat, secara resmi saya nyatakan dibuka”, kata Herli.

Bupati Lahat, H Aswari Riva’i, SE, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada puluhann tamu kehormatan dari Legislativ, Exekutiv, serta puluhan undangan istimewa dari lemabaga negara lainnya dari luar daerah lahat dan juga masyarakat sipilnya. “Selama delapan tahun saya memimpin di Kabupaten Lahat ini, 8 kali juga pak gubernur datang dalam setiap pelaksanaan  HUT Kabupaten Lahat, ini luar biasa. Terima kasih Pak Gubernur, yang sudah respon terhadap pemerintah Kabupaten Lahat ini”, kata Aswari, sembari menatap Alex Noerdin.

Alhamdulillah, lanjut H Aswari. Selama 8 tahun dirinya menjabat Bupati Lahat ini. Sudah banyak sekali perubahan kemajuan pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat lahat ini, terutama  dibidang infrastruktur, ekonomi kerakyatan. “Dari 18 kelurahan, dan 362 desa yang tersebar di 22 kecamatan, tinggal 5 akses jalan menuju ke lima desa yang ada dikawasan Kikim Area yang belum teraspal. Itu pun akan kita aspal selama jeda waktu 2 tahun kedepan, mudah mudahan semuanya bisa diaspal jalannya”, lapor Aswari, kepada Alex.

Selain itu, H Aswari juga menyatakan dukungan penuhnya terhadap rencana pelaksanaan Asian Games yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang pada tahun 2018 mendatang. Dukungan ini dibuktikannya dengan menggerakkan para pemuda dari Garis Milang dan FPTI yang bekerja sama dengan KONI Kabupaten Lahat, dengan mengibarkan bendera Asian Games tersebut di puncak Bukit Serelo beberapa waktu lalu. “Mari kita saksikan tayangan video pengibaran bendera Asian Games di puncak Bukit Serelo yang berdurasi 4 menit ini. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait dalam usaha pengibaran bendera ini”, ucap H Aswari, usai pemutaran video tersebut.

Sebagai Gubernur, sekaligus tamu kehormatan pada acara tersebut, Ir H Alex Noerdin, MH sangat memuji kepiawaian H Aswari Bupati Lahat, mulai dari segi kemajuan pembangunan, beberapa penghargaan prerstasi yang diraih H Aswari ditingkat nasional dan internasional. Hingga ke dukungannnya terhadap Asian Games dan juga kekompakan masyarakat Kabupaten Lahat. “Asian Games itu memang harus kita dukung, dan sejauh ini baru Bupati Lahat yang telah menunjukan dukungan tersebut dalam bentuk pengibvaran bendera Asian Games di puncak Bukit. Dan saya lihat disini, saat setiap kali saya datang ke lahat, selalu gedung DPRD ini dipenuhi oleh para pejabat dari exekutiv maupun legislativ. Nah ini menunjukan bahwa antara dua lembaga ini kompak, itu pasti karena bupatinya yang pandai dalam memimpin”, puji A;lex kepada pria yang juga menjabat Ketua Partai DPD Gerindra

Sore harinya HUT Lahat Ke-147 diakhiri dengan penutupan PTG yang sekaligus dilakukan pemberian kepada para pemenang pameran tekniologi tepat guna, oleh Wabu Lahat Marwan Mansyur, SH, MH, Sekda Lahat, Nasrub Aswari, SE, serta unsur FKPD yang ada. (Red)