Bupati Lahat Respon Dimulainnya Pembangunan Jalan TOL Trans Sumatera Su

Bupati Lahat Respon Dimulainnya Pembangunan Jalan TOL Trans Sumatera Su

LAHAT, Ampera Sumsel – Tahap pembangunan tol trans Sumatera Indralaya-Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau-Bengkulu, dimulai. Catatan PT Hutama Karya (HK), yang mengerjakan pembangunan proyek nasional itu, 12 desa yang berada di 5 kecamatan atau sepanjang 60 kilometer, di lintas ruas jalan tol tersebut. Bupati Lahat Cik Ujang. SH pun merespon baik dimulainya pembangunan.

“Untuk survey, kalau dibutuhkan pendamping, ada camat dan kades,” tegas Cik Ujang, saat mendengarkan pemaparan PT HK, di Opsroom Pemkab Lahat, Selasa (14/5). Menurutnya, apa yang dibutuhkan dalam pembangunan, Pemkab Lahat siap membantu. Keberadaan ruas tol itu nanti, akan memberikan efek positif bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Akan memangkas jarak tempu begitu singkat.

Ditergetkan ruas jalan tol dengan panjang 330 kilometer ini, akan rampung 2024 mendatang. Hanya saja, pintu masuk tol akan berada di Kecamatan Merapi Timur. Sebab wilayah tersebut, merupakan wilayah terdekat antar ruas tol dengan jalan nasional.

Pimpinan Proyek PT HK Hasan Tucahyo mengatakan, pembangunan tol trans Sumatera berbeda dengan tol di Pulau Jawa, yang sifatnya bisnis. Pembangunan tol Sumatera, untuk penataan infrastruktur.

“Sumatera ini akan dijadikan kiblat perekonomian wilayah barat,” jelasnya.

Namun, untuk pembangunan tol ini dibutuhkan campur tangan pemerintah daerah. Sehingga pembangunan berjalan lancar hingga tuntas.

“Keterlibatan pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Mulai dari survey kita butuh pendampingan dari pemerintah daerah,” bebernya.

Laporan : Kominfo

Editor : Prima

(Visited 17 times, 1 visits today)