Sekda Lahat Resmikan Gedung Pertemuan Desa Payo

Sekda Lahat Resmikan Gedung Pertemuan Desa Payo

#Kelola dan Gunakan Sebaik Mungkin, #

Author : Ganda Coy

LAHAT, Ampera Sumsel – Mewakili Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat, Drs, H, Masroni meresmikan Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, Kamis (14/03).

Terpantau di lokasi, turut mendapingi Sekda Lahat, Asisten 4 Pemkab Lahat, Kepala Dinas BPMDS Lahat, Camat Merapi Barat, Kepala Desa Payo, PKK Desa Payo, Perangkat Desa dan dihadiri tamu undangan lainya berserta disaksikan secara langsung oleh masyarakat Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Acara peresmian tersebut sangat meriah, dengan diisinya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pemuda, pemudih dan anak- anak Desa Payo, menunjukan aksi- aksi Tari-tarian tradisional dan Merawis, guna menghibur para undangan.

Kepala Desa (Kades) Payo, Harun Rasyid mengatakan, pembangunan gedung pertemuan ini, sepenuhnya bersumber dari dana desa (DD) 2018, sebesar Rp 672.000.000, merupakan hasil musyawarah desa.

“Tiga tahap dari dana desa 2018, kita fokuskan dalam pembangunan gedung pertemuan Payo, termasuk juga sarana dan prasarana seperti, 2 unit kamar mandi serta panggung,” urainya.

Ia menuturkan, gedung pertemuan ini memiliki panjang 20 meter, lebar 14 meter dan tinggi 7 meter. Dimana, bisa dipergunakan acara pernikahan, sosialisasi pertemuan bahkan olahraga.

“Untuk pengelolannya, kita serahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga bisa masuk dalam kas desa,” beber Harun.

Sementara itu, Camat Merapi Barat, Eti Listina SP MM mengemukakan, ini wujud dari pemanfaatan dana desa, didirikan gedung pertemuan yang begitu mewah dan megah.

“Tentunya, dalam pengelolaannya menjadi kontribusi bagi desa, sehingga dalam pemeliharannya diambil dari dana pemasukan dari penyewaan gedung,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Pj Sekda, Drs H Masroni menyampaikan, sangat tepat sekali, penggunaan dana desa ini dibangunkan gedung pertemuan yang mewah.

“Luar biasa sekali, dari sekian gedung pertemuan yang ada, baru di Desa Payo inilah, begitu mewah, megah dan refresentatif sekali, kelola sebaik mungkin termasuk pemeliharannya,” tutupnya. 

Laporan : Coy

Editor  : Prima

(Visited 1 times, 1 visits today)