HUT PMI ke 71, Wawako Prabumulih Imbau Masyarakat Donor Darah

HUT PMI ke 71, Wawako Prabumulih Imbau Masyarakat Donor Darah

PRABUMULIH, Ampera Sumsel — Wakil walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri menghimbau masyarakat Kota Prabumulih untuk memiliki kesadaran menyumbangkan darah. Hal itu diungkapkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke 71 yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) taman Prabujaya, Selasa ( 27/9).

“Setetes darah sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurut politisi partai PDIP tersebut, meski kesadaran masyarakat Kota Prabumulih dalam mendonorkan darah belum begitu signifikan, namun saat ini kegiatan tersebut mulai rutin digalakkan oleh sejumlah instansi pemerintah dan aparat penegak hukum seperti TNI dan Polri.

“Sejauh ini kesadaran masyarakat mulai ada walaupun belum signifikan , yang aktif ini dari instansi, TNI dan Polri,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Ketua DPRD Prabumulih ini menuturkan, untuk menggalakkan donor darah di lingkungan Pemkot Prabumulih, pihaknya kerap melakukan sosialisasi serta menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat berdonor darah.

“kita hanya bisa menghimbau, tidak dapat dipaksakan. Karena kalau dipaksakan nantinya dapat berimbas pada si pendonor itu sendiri. Jadi untuk donor darah i ni butuh keikhlasan, ” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Prabumulih, Suryanti Ngesti Rahayu mengatakan dihari ulang tahun PMI ke 71 ini dirinya berharap kedepan banyak masyarakat yang bergabung untuk donor darah. Mengingat, stok darah di PMI sendiri saat ini kerap mengalami kekosongan lantaran kurangnya relawan yang bersedia mendonorkan darahnya.

“selama tujuh bulan ini sudah terkumpul 750 kantong darah. Itu masih sangat kurang. Bahkan terkadang tiap bulannya itu hanya terkumpul dua kantong lebih,” tambahnya. (Jol)

(Visited 110 times, 1 visits today)